Rabu, 25 November 2009

PENDAMPINGAN RSBI SMKN 3 SINGARAJA BALI



Terkait dengan persiapan sekolah menuju Sekolah Bertaraf Internasional maka mulai hari senin tanggal 23 November 2009 diadakan program pendampingan SBI pada SMKN 3 Singaraja Bali dengan materi :
• Reviev Sistem Akreditasi SMK yang mengacu pada 8 standar ( 185 butir kriteria)
• Analisa program SWOT pada semua program keahlian
• Keselamatan dan Kesehatan Kerja
• Reviev bahan masukan pasar kerja ( PPT Direktur Dikmenjur)
• Analisa Kondisi Lapangan

Berdasarkan kondisi lapangan ada beberapa hal positif dan negatif yang kiranya perlu diperhatikan :

Akreditasi Sekolah
Penilaan Badan Akreditasi Propinsi yang telah dilaksanakan dengan hasil sangat baik dengan nilai berkisar antara 98 – 99 %.
Maka masih perlu reviev kembali dokumen penilaian akreditasi sehingga kekurangan atau kelemahan yang masih ada dapat segera ditangani.
Pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan reviev menjadi tanggung jawab setiap kepala program keahlian, yang selalu dimotivasi oleh Koordinator RSBI.

Analisa SWOT
Program Analisa SWOT pada tiap program keahlian harus segera tuntas sehingga semua program dapat direncanakan dalam jangka pendek, menengah atau panjang guna pemenuhan standar Akreditasi dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang ada dilokasi.
Tetapkan standar dari semua komponen kemudian lihat dan bandingkan dengan kondisi riil yang ada maka akan terlihat adanya kesenjangan, kesenjangan inilah yang harus diprogramkan berdasarkan analisa lapangan.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Program K3 yang belum tersentuh harus segera diupayakan dengan analisa kondisi lapangan yang meliputi : Pengawasan K3 kebakaran, Mekanik, Konstruksi, Listrik dan Penyalur Petir, Sanitasi Lingkungan serta program yang lain.
Partisipasi dari semua guru dituntut untuk dapat melaksanakan program K3 disekolah sehingga terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat diminimalisir atau malah dapat dicegah (ZERO ACCIDENT)
Tahun anggaran 2010 melalui DIPA P4TK Malang akan diikutkan guru-guru dalam Diklat Pengawasan K3 untuk menunjang terlaksananya program K3 disekolah.

Lingkungan Sekolah dan UKS

Lingkungan sekolah yang sudah asri masih perlu ditingkatkan dalam program kebersihan, lakukan program kebersihan lingkungan sistem blok/area dengan tanggung jawab pada setiap guru dan tentunya perlu ada reward and punishmen yang diumumkan pada setiap upacara sekolah, untuk menjaga netralitas penilaian tim juri harus terdiri dari semua program keahlian.

UKS perlu adanya program yang lebih jelas dan terperinci, anggaran juga harus ada. Diusulkan program adanya petugas untuk mengikuti diklat UKS atau studi banding pada sekolah yang telah terakreditasi nasional dalam penglolaan UKS.

Waktu Kegiatan KBM
Telah melakukan sistem pembelajaran “Double Shift” hingga jam 21.00 WIT, tetapi program ini jangan sampai terlalu malam karena kondisi siswa yang berbeda letak domisili dan kemampuan fisiknya.

Akhirnya kami mengucapkan SELAMAT DAN SUKSES atas keberhasilan yang telah dicapai selama ini, terus berjuang untuk MEMINTARKANKAN anak bangsa.

Tidak ada komentar: